Sabtu, 03 November 2018

Pengenalan Software (perangkat lunak komputer)


Software


PENGERTIAN

  Software merupakan istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer namun tidak berwujud,Berbeda dengan Hardware.
Melalui software ini lah komputer mampu menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna.
JENIS-JENIS SOFTWARE
Pembagian software dapat digolongkan sebagai berikut :

1.Commercial Software(perangkat lunak berbayar)


Merupakan software yang dibuat untuk kebutuhan komersil.Untuk pengguna yang ingin menggunakan software tersebut,maka pengguna harus membayar atau membelinya pada pihak perusahaan yang telah mendistribusikannya.Biasanya pengguna tidak diperbolehkan untuk menyebarkan software tersebut atau tidak dilegalkan.
Contoh: Adobe Photoshop,corel draw,Microsoft Office,dan sebagainya.

2.Freeware
Merupakan sebuah software yang memiliki hak cipta,namun untuk setiap pengguna yang igin memilikinya dapat diunduh secara gratis dan tanpa ada batasan waktu.
Meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya memiliki kebijakan tertentu yang umumnya disertakan ketika anda mendownload Freeware tersebut.
Contoh : Mozilla Firefox,dan sebagainya

3.Shareware 


Shareware adalah software gratis, dapat di download dan digunakan oleh pengguna. Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature tertentu dan layanan yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatasi.

4.Firmware


Merupakan software yang berpacu pada perangkat lunak yang disimpan didalam memori hanya baca (Read Only).Tidak seperti pada memori akses acak,firmware tidak akan berubah meski tidak ada arus listrik pada perangkat yang terdapat firmware.

5.Free Software 


adalah istilah yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.

6.Open Source Software


adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan.Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Anggota-anggota paguyuban itu seringkali sukarela tetapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.
Semua perangkat lunak adalah perangkat lunak sumber terbuka, tetapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut.

7.Close Source


Closesource adalah software yangsource codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya opensource.

8.Malware 


Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang oleh pembuatnya dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer.Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar