Sabtu, 03 November 2018

Pengenalan Perangkat Masukan (Input Device)





PENGERTIAN





Input komputer atau input device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan suatu data dan perintah kedalam suatu sistem komputer. Data yang dimasukkan dapat berupa kode-kode,data,file,dan perintah. Alat input ini tidak bisa bekerja dengan fungsinya tanpa adanya suatu software yang menjadi pendukungnya.
Perintah-perintah yang dimasukkan nantinya akan diproses atau diolah oleh komputer,yang nantinya akan ditampilkan sebagai output berupa informasi kepada pengguna.


Berikut macam-macam perangkat input :

1.Mouse
  
Mouse merupakan perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor atau pointer pada layar monitor.

2.Keyboard
  
Merupakan perangkat masukan yang berfungsi memasukkan data berupa huruf,angka,simbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk membuka dan menyimpan file,keyboard sering disebut sebagai papan ketik.

3.Joy stick
   

Merupakan perangkat yang berfungsi memasukkan perintah untuk menggerakkan permainan / game pada komputer.

4.LightPen
    
                Merupakan pointer elektronik yang berfungsi untuk memodifikasi dan dapat dengan mudah untuk mendesain gambar dengan mudah pada screen monitor.

5.Scanner
              
Merupakan perangkat masukan yang memiliki fungsi hampir sama dengan mesin fotocopy.Tetapi ini cara kerjanya adalah meng-copy data objek lalu dipindahkan kedalam memori komputer dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor komputer.

6.Barcode Reader
   
Merupakan perangkat yang berfungsi membaca barcode data yang kemudian hasilnya akan terbaca didalam komputer.

7.Touch Pad
    

Merupakan sebuah alat penunjuk yang manampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat meterjemahkan gerakan dari jari pengguna(user),ke posisi yang diinginkan oleh user pada layar monitor.Touch Pad hanya dapat di jumpai pada Laptop dan Notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

8.Fingerprint
     

 Merupakam sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Gambar tersebut disebut pemindaian hidup. Pemindaian hidup adalah pemrosesan digital untuk membuat sebuah template biometrik yang disimpan dan digunakan untuk pencocokan. Ini merupakan ikhtisar dari beberapa sidik jari yang lebih umum digunakan sensor teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar